Sunday, September 14, 2008

BI Tak Mau Bereaksi Berlebihan

Bank Indonesia tidak akan memberikan respons secara berlebihan menghadapi gonjang-ganjing di pasar finansial saat ini. BI akan meresponsnya secara fundamental, dan bukan dengan kebijakan yang sifatnya secara temporer.


Kita tidak menyikapinya terlalu berlebihan. Apa pun itu di pasar, apakah suku bunga, atau mengenai kurs, kita tetap akan menjaga dan tetap merespon dengan wajar perubahan-perubahan yang tadi, tapi tetap dalam irama yang benar, dalam konteks supaya tidak mengganggu fundamental kita.

Gejolak yang terjadi di perekonomian dunia saat ini merupakan sebuah fenomena global. Semua negara melakukan penyesuaian dengan kondisi global yang tengah terjadi. Dan negara yang akan bertahan nantinya hanyalah negara yang memiliki fundamental yang kuat.

Fundamental yang kuat, adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasinya bisa dikendalikan, APBN yang sehat, tingkat utangnya dalam batas yang aman serta kondisi politik yang aman terkendali.
Kalau kita melakukan penyesuaian ini dengan benar, saya kira kita akan menjadi negara yang muncul dengan baik nantinya. Jadi sampai berapa lama proses penyesuaian global ini akan berlaku, saya tidak tahu. Tapi kita harus siap melakukannya secara fundamental.

3 comments:

sabledaffron said...

The best titanium strength and tipster in the world!
› titanium-strength › titanium-strength In the World of Tipster you can black titanium rings easily reach the world ford ecosport titanium of tipsters. Find titanium drill bits the titanium mens ring best tips for you in our guide, comparing titanium vs steel the best tips and predictions to make

Unknown said...

d444j1xjroz906 male sex doll,dildos,double dildos,realistic dildos,dildos,vibrators,sex chair,sex chair,dog dildos j134z5twedb861

Unknown said...

f461k1mdwzn728 vibrators,cheap sex toys,male sex dolls,dildo,dildo,sex chair,wolf dildo,double dildos,dildos o511t6osjto945